Translate

Rabu, 04 Juli 2012

Jenis-jenis Kecerdasan


Setiap orang pasti terlahir mempunyai kecerdasan yang berbeda-beda. Kecerdasan ini menurut Howard Gardner terbagi menjadi 8 jenis yakni : cerdas kata, cerdas logika, cerdas gambar, cerdas tubuh, cerdas musik, cerdas bergaul, cerdas diri dan cerdas alam.
1)      Cerdas Kata : Kemampuan menggunakan kata secara efektif, baik secara lisan (pendongeng, orator) maupun tertulis (sastrawan, penulis, editor).
2)      Cerdas Logika : Kemampuan menggunakan angka dengan baik (misalnya ahli matematika, akuntan pajak) dan melakukan penalaran yang benar (sebagai ilmuwan pemograman komputer atau ahli logika).
3)      Cerdas Gambar : Kemampuan memersepsi dunia visual secara akurat (pemburu, pemandu) dan mentransformasikan persepsi dunia visual (dekorator, interior, arsitek).
4)      Cerdas Tubuh : Keahlian menggunakan seluruh tubuh untuk mengekspresikan ide dan perasaan (aktor, penari, pantonim) serta keterampilan menggunakan tangan untuk menciptakan atau mengubah sesuatu (pengrajin, ahli mekanik, atau pemahat).
5)      Cerdas Musik : Kemampuan menangani bentuk-bentuk musikal dengan cara memersepsi musik (penikmat musik), membedakan musik (kritikus musik), mengubah musik (komposer), dan mengekspresikan musik (penyanyi).
6)      Cerdas Bergaul : Kemampuan memersepsi dan membedakan suasana hati, maksud, motivasi, serta perasaan orang lain. Kecerdasan ini diperlukan untuk mempertinggi kemampuan bergaul atau bersosialisasi.
7)      Cerdas Diri : Kemampuan memahami diri sendiri dan bertindak berdasarkan pemahaman tersebut. Kecerdasan ini diperlukan untuk melakukan perenungan sangat mendalam dan berkonsentrasi sehingga diri bisa menjadi pusat segalanya.
8)      Cerdas Alam : Keahlian mengenali dan mengkategorikan spesies flora dan fauna di lingkungan sekitar. Kecerdasan ini diperlukan, terutama untuk para pecinta alam, pencinta binatang, pencinta tanaman, dan para ahli lingkungan hidup.
Setelah kita mengetahui 8 jenis kecerdasan menurut Howard Gardner, kemudian anda termasuk pada kecerdasan yang manakah selama ini? Atau semua jenis kecerdasan tersebut telah anda miliki?
SEMOGA BERMANFAAT...........

1 komentar:

  1. kok egak ada Cerdas Politik mas dista ? hheeeeee :)

    BalasHapus