Translate

Senin, 16 Juli 2012

Tanda - Tanda Orang Berbohong


Mengetahui apakah lawan bicara kita sedang berbohong atau tidak, sebenarnya tidaklah sulit. Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan memperhatikan bahasa tubuh. Bahasa tubuh secara spontan dan dalam keadaan tidak sadar akan membeberkan kebohongan yang dilakukannya. Hal ini terjadi karena orang yang sedang berbohong lebih memperhatikan ucapannya daripada memperhatikan yang terjadi pada tubuhnya. Dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh pakar komunikasi nonverbal, terdapat persamaan hasil tanda-tanda orang berbohong. Tanda-tanda tersebut bersifat universal dan sangat sulit untuk dimanipulasi. Tanda-tanda tersebut diantaranya adalah :
1)      Menutup Mulut Dan Terbatuk
Menutup mulut merupakan salah satu gerakan yang paling sering digunakan anak-anak ketika berbohong. Orang dewasa pun sering melakukan hal yang sama. Selain itu, banyak juga yang menyamarkan kebohongannya dengan pura-pura batuk. Keinginan menutup mulut ini terjadi karena gerak refleks yang terjadi dengan sendirinya. Saat itu, tanpa disadari otak menyuruh tangan untuk menghentikan kata-kata bohong yang ia ucapkan. Namun apabila jika kita sedang berbicara dan lawan bicara kita menutup mulutnya, berarti kitalah yang dianggap sedang berbohong kepadanya. Hal ini terjadi karena dia merasa heran dan cemas mengapa kita berbohong.
2)      Menyentuh Hidung
Gerakan ini relatif lebih halus dibandingkan dengan tindakan menutup mulut. Biasanya, gerakan menyentuh hidung ini terjadi secara ringan dan lembut di bagian bawah hidung, bukan menggosoknya dengan keras atau menggaruk hidung. Penjelasan mengenai gerakan ini adalah sewaktu pikiran negatif (berbohong) memasuki alam bawah sadar, otak akan menyuruh tangan untuk menutup mulut. Hal
Ini merupakan respons dari mulut yang baru saja mengucapkan kata-kata yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya. Akan tetapi, saat terakhir tangan menuju mulut agar usahanya tidak terlalu jelas terlihat menutup mulut, tangan ditarik menjauhi wajah. Hasilnya adalah sentuhan cepat di hidung.
3)      Memalingkan Pandangan, Menggosok Mata dan Jumlah Kedipan
Saat berbohong, mata akan selalu berupaya untuk melihat ke arah lain. Dalam memalingkan pandangannya tersebut biasanya juga diikuti dengan gerakan menggosok mata seolah-olah sedang gatal, padahal tidak. Gerakan menggosok mata ini tidak harus selalu dilakukan di bagian mata, tetapi juga bisa di sekitar mata, misal dibawah mata atau sekitar alis. Sealain itu, kebohongan seseorang juga bisa terdeteksi dengan memerhatikan adanya peningkatan jumlah kedipan. Orang yang berbohong menjadi gugup sehingga saraf matanya bekerja lebih cepat daripada biasanya.
Sementara ini hanya 3 tanda saja yang bisa saya tulis dalam mengetahui ketika seseorang berbohong atau tidak. Mengenai tanda-tanda kebohongan lainnya yang sering orang lakukan, akan saya bagikan pada artikel selanjutnya. So, tunggu artikel selanjutnya di blog ini yah.......
Sumber : Dari buku Dianata Eka Putra yang berjudul Membaca Pikiran Orang Lewat Bahasa Tubuh.

2 komentar:

  1. Wah, bahaya nih kl org yg suka berbohong baca ini, bisa2 dia "berbohong dg kebohongannya" :)

    Thanks sob, udh mencantumkan link kami, link sobat jg sdh terpasang.

    Salam kenal :)

    BalasHapus
  2. Semoga aja dengan membaca ini, para pembaca tidak mudah lagi dibohongi oleh siapapun. :)
    ukey trim's sob. :)

    BalasHapus