Translate

Sabtu, 21 Juli 2012

Arti Agama


Mumpung ini bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah maka pada postingan kali ini saya akan menyinggung yang berkaitan dengan agama. (hitung-hitung cari amal ibadah melalui ilmu yang bermanfaat, hehehe). Postingan saya kali ini berjudul Arti Agama yang tentunya bisa dijadikan referensi dari berbagai agama yang ada saat ini. Setiap orang di dunia ini pastinya mempunyai identitas diri yakni agama. Agama ini sangat diperlukan agar manusia mempunyai tuntunan hidup yang dalam hal ini terdapat pada ajaran-ajaran agama. Tetapi sebagian besar dari kita (termasuk saya sendiri) masih belum mengerti arti dari agama itu sendiri. Dalam mendefinisikan agama, saya mengambil dari berbagai pendapat yang ada dalam buku Studi Islam karangan M. Ali Hasan dan tentunya pendapat-pendapat terebut selaras dengan agama.
Pendapat pertama yakni, agama berasal dari kata Sanskrit yang mengatakan bahwa kata agama tersusun dari dua kata, yaitu: “a” yang berarti ‘tidak’ dan “gam” yang berarti ‘pergi’. Sehingga agama mempunyai arti tidak pergi yakni agama merupakan sesuatu yang tetap di tempat dan diwarisi secara turun-temurun. Pengertian ini tidak bisa dipungkiri karena agama mempunyai sifat demikian.Kemudian ada lagi yang berpendapat bahwa agama beararti “teks” atau “kitab suci”. Dilihat dari pendapat ini bahwa agama berarti “tuntunan”. Hal ini pun dirasa tepat karena agama mengandung ajaran-ajaran yang menjadi tuntunan hidup bagi penganutnya.
Selanjutnya kata agama dalam bahasa islam sering kita kenal dengan kata “din”. Kata “din” ini merujuk dari bahasa arab Semit yang berarti undang-undang atau hukum.  Selain itu kata “din” juga mempunyai arti menguasai, menundukkan, patuh, hutang, balasan, maupun kebiasaan. Kalau diulas satu persatu makna agama dari kata “din” ini, memang sangat relevan dalam suatu agama. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam agama terdapat peraturan-peraturan yang menuntut orang patuh. Kalau belum dijalankan maka seseorang masih tetap mempunyai hutang dan semuanya itu akan diperhitungkan pada hari pembalasan nanti dan di akhirat kelak.
Selain itu agama juga sering kita kaitkan dengan kata religi. Kata religi ini berasal dari bahasa Latin yakni “relegere” yang mempunyai arti mengumpulkan dan membaca. Dalam agama itu sendiri terdapat kumpulan-kumpulan tata cara mengabdi kepada Tuhan. Tata cara ini terkumpul dalam kitab suci yang harus kita baca. Tetapi dalam pendapat lain kata agama ini berasal dari kata “religare” yang mempunyai makna mengikat. Hal ini pun juga merupakan dari bagian agama karena isi dari ajaran-ajaran agama sejatinya memang bersifat mengikat bagi manusia. Mengikat ini mempunyai arti bahwa kita sebagai manusia harus mengikatkan diri dengan Tuhan dan dengan sesama dalam bentuk agama.
Nah, sekian arti agama dari berbagai pendapat yang saya temukan dalam buku Studi Islam karangan M. Ali Hasan. Apabila anda mengetahui arti agama dari pendapat yang lain, Silahkan Share ke blog ini. Agar kita semua bisa lebih memahami arti agama dan tentunya bisa bermanfaat dalam kita menjadi orang yang lebih baik lagi. Semoga Bermanfaat...........

1 komentar:

  1. Ini postingan saya di http://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Warung_Kopi_%28Bahasa%29
    -------
    Agama

    Benarkah menurut anda? Agama terdiri dua suku kata yang digabungkan yaitu A dan Gama. "A" artinya : "yang tidak" atau "yang bukan"; "Gama" artinya : "raga" atau "badan". Pengertiannya: Gama adalah badan kita dan Agama adalah Bukan raga yang ada bersama raga bawaan lahir, identik dengan istilah dalam komputer; Gama adalah Hardware dan Agama adalah Software; Dan setelah cukup dewasa agama seseorang berazaskan ajaran yang ada, misalnya Islam, Kristen, Hindu, Budha atau yang lainnya. Dalam pemakaian bahasa : Agama Islam, Agama Kristen dll, dicontohkan dalam kalimat tanya : "Agamamu apa? Islam? Kristen?" dll. Kata gama kalau diawali dengan Poly menjadi Poligama atau Poligami berarti punya dua badan (isteri)atau lebih; kalau digabung dengan "seng" menjadi senggama berarti beradu badan atau sebadan atau bersetubuh; Digabung dengan "dari" menjadi Darigama (dalam bahasa daerah sunda) berarti aturan atau hukum dilingkungan kita yang dibuat oleh gama-gama (manusia) lain selain kita. Ada pepatah yang biasa diucapkan orang-orang tua :"Jagalah tingkah laku, harus sesuai dengan (aturan) Agama, Negara dan Darigama" --203.78.118.254 12 April 2013 20.25 (UTC)djatnika--203.78.118.254 12 April 2013 20.25 (UTC)
    Berkas:Agama
    arti Agama menurut bahasa orag tua


    203.78.118.254 12 April 2013 20.25 (UTC)
    -------
    Jadi agama itu adalah sesuatu (berupa software) yang terlahir bersama badan yang berfungsi sebagai pengikat kepada Pencipta untuk mengingatkan asal muasal manusia.
    semoga bermanfaat. Itulah arti agama yang diperoleh dari orang tua.

    BalasHapus