Translate

Jumat, 06 Juli 2012

Tips Membaca Buku


Buku adalah jendela dunia, istilah tersebut tentulah bukan hal yang asing bagi kita. Di dalam istilah tersebut mengandung makna bahwa dengan bemodal buku kita akan mengetahui banyak hal di dunia. Tetapi untuk mengetahui semua yang ada di dunia ini, lantas kita tidak hanya bermodal membawa buku saja karena buku sejatinya digunakan untuk dibaca. Dalam membaca buku seringkali sebagian besar dari kita akan mengalami berbagai kendala mulai dari kejenuhan, membosankan, melelahkan, bahkan bisa membuat kita mengantuk (maklum pengalaman pribadi, hehehe). Berbagai kendala tersebut tentunya membuat kita tidak maksimal dalam membaca buku bahkan kita tidak akan bisa memahami isi buku tersebut, padahal tujuan kita membaca adalah memahami isi buku tersebut. Nah, agar kita bisa membaca buku secara maksimal dan mampu menyerap “Gizi” buku, kalian bisa mencoba tips yang ada di bawah ini. Tips ini saya ambil dari buku yang berjudul “Andaikan Buku Itu Sepotong Pizza”.
Tips Pertama, Bertanyalah kepada diri kalian sendiri saat punya kemauan membaca atau kebetulan sedang memegang buku untuk dibaca. Apa manfaat membaca (buku ini) bagiku?
Dengan membiasakan bertanya seperti itu, ada kemungkinan kalian akan dapat mengawali pembacaan dengan sesuatu yang membuat kalian langsung menemukan manfaat luar biasa bagi diri kalian.
Tips Kedua, Ketika memulai membaca cobalah untuk membiasakan diri tidak melewatkan satu kata pun yang tidak kalian mengerti. Satu-satunya alasan seseorang berhenti membaca atau menjadi bingung dan tidak mau melanjutkan membacanya adalah karena dia telah melewatkan kata yang tidak dia pahami artinya.
Tips Ketiga, Ambillah jeda. Hindari untuk tidak terus-menerus membaca. Manfaatkan waktu jeda untuk mengistirahatkan tubuh kalian terutama mata ddan potensi berpikir anda. Gerakkanlah tubuh kalian, Misalnya berdiri lalu menjulurkan tangan kalian seolah-olah hendak memetik buah jambu yang berada di atas kepala kalian. Kegiatan ini bertujuan memudahkan udara memasuki paru-paru kalian. Selain itu minumlah segelas air. Hal ini penting untuk penyegaran tubuh kita. Setelah itu semua kalian bisa melanjutkan membaca lagi dengan keadaan tubuh yang lebih fresh. Kegiatan pada tips yang ketiga ini juga bisa disebut dengan “ngemil” karena kita membaca dengan cara mencicil.
Tips Keempat, “ikatlah” makna. Berapa pun halaman yang kalian peroleh, biasakanlah unutk mengingat makna-makna yang ada di pikiran kalian. Kemudian tuliskanlah lewat bahasa kalian sendiri.
Tips Kelima, Usahkan jangan berhenti bertanya saat membaca. Apa ya, yang baru saja saya dapat dari halaman ini? Apa gagasan inti yang akan disampaikan oleh penulis di bagian ini? Apakah saya setuju dengan pendapat penulis di babini? Apakah bukti-bukti yang disampaikan oleh penulis masuk akal? Apa yang ingin saya jelajahi lebih lanjut?
Tips Keenam, Ulangilah membaca kalian secara multi indrawi, Misalnya bacalah dengan suara keras kalimat-kalimat penting. Bayangkanlah pemahaman kalian di dalam benak dan tulislah kembali kata-kata kunci atau pengingat. Setelah itu renungkanlah apa yang kalian peroleh dari membaca buku tersebut.
Demikianlah tips agar kita semua bisa membaca buku secara maksimal dan mampu menyerap isi buku yang kita baca. SEMOGA BERMANFAAT....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar