Translate

Sabtu, 04 Agustus 2012

Cara Mudah Atasi Anak Pemalu


Sebagian besar dari orang tua saat mengetahui anaknya mempunyai rasa sifat malu, maka orang tua akan merasa kebingungan untuk mengatasi sifat pemalu anaknya tersebut. Orang tua akan khawatir sifat anaknya tersebut akan mempengaruhi perkembangan anaknya serta interaksi anaknya terhadap lingkungan di sekitarnya. maka di sini saya akan memberi beberapa tips untuk mengatasi anak pemalu, yang saya ambil dari koran kita-kita.
1)      Kontak mata : Saat anda berbicara dengan si kecil katakan padanya “tatap mataku” atau “lihat aku”. Dengan kesadaran untuk menguatkan kemampuannya dan menerapkan metode ini secara teratur, si kecil akan terbiasa melakukan kontak mata dalam berbicara.
2)      Interaksi sosial : Persiapkan anak anda untuk acara sosial yang akan dihadiri dengan menjelaskan bagaimana suasananya, apa yang diharapkan dan siapa saja yang hadir. Kemudian bantu ia untuk mempraktekkan bagaimana bila bertemu dengan orang lain.
3)      Interaksi dengan teman yang lebih muda : Ajak anak anda bermain dengan teman yang lebih muda untuk beberapa waktu. Cara ini baik bagi anak untuk mempratekkan kemampuan bersosialisasi (memulai pembicaraan, menggunakan kontak mata) jika ia malu mencobanya dengan teman sebayanya.
4)      Bermain berdua : Bermain berdua dengan teman merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kepercayaan diri sosial pada anak. Anak anda dapat mengundang seorang temannya untuk berkunjung dan bermain agar mereka bisa lebih saling mengenal dan melatih kemampuan menjalin pertemanan.
Demikianlah beberapa tips yang perlu anda coba sebagai orang tua untuk mengatasi anak anda yang mempunyai sifat pemalu. Bagi para pembaca yang mempunyai tips lain, Silahkan beri komentar. Agar generasi penerus bangsa ini menjadi generasi yang pemberani. SEMOGA BERMANFAAT........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar